Selasa, 28 Maret 2017

MANFAAT DAN TUJUAN BEROLAHRAGA GUBI : PAK YONI

 Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dilakukan untuk melemaskan otot-otot di dalam tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Dengan melakukan olahraga secara teratur dan seimbang, maka akan membuat badan menjadi segar dan juga bugar. Banyak orang yang memahami dan juga merasakan manfaat olahraga bagi kesehatan. Namun masih banyak orang yang malas melakukan olahraga. Masih banyak orang beranggapan olahraga hanya bermanfaat untuk membakar kalori serta menyehatkan jantung, padahal olahraga itu sendiri memiliki beberapa manfaat lain.
Olahraga menjadi gaya hidup yang wajib dilakukan oleh setiap orang, tak perduli itu anak-anak maupun orang-orang dewasa. Apabila ketika seseorang tidak pernah melakukan olahraga, maka orang tersebut akan dapat merasakan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Kegiatan olahraga sangat dianjurkan dilakukan oleh setiap orang, karena olahraga sangat berpengaruh besar terhadap tubuh. Banyak manfaat olahraga bagi kesehatan yang dapat ditimbulkan setelah melakukan olahraga secara teratur, diantaranya adalah :

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

1. Olahraga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak
Banyak peneliti yang mengungkapkan bahwa dengan melakukan olahraga, maka akan mampu mempengaruhi kecerdasan pada otak. Ini dibuktikan dengan mengungkapkan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga, maka ia akan memiliki intelektual yang tinggi dan juga memori otak yang sangat baik.
2. Olahraga dapat membantu memelihara kekebalan tubuh
Orang yang sering melakukan olahraga secara teratur akan memiliki kekebalan tubuh yang baik, dan tidak mudah terserang oleh penyakit. Dengan selalu menggerakkan tubuh, maka tubuh akan tetap bugar. Sehingga menghalangi virus maupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dengan berolahraga, maka akan meningkatkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh, jumlah oksigen di dalam tubuh akan dapat meminimalisir efek dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh, karena oksigen merupakan anti-oksidan. Radikal bebas ini akan memicu beberapa macam penyakit, sehingga di dalam tubuh sangat membutuhkan oksigen yang banyak untuk menjaga kekebalan tubuh.
3. Olahraga dapat membantu menambah energy di dalam tubuh
Manfaat olahraga bagi kesehatan yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Dan apabila seseorang itu memiliki kebugaran tubuh yang baik, maka akan membuat tubuh tidak mudah lelah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sehingga dapat menambah energi yang dibutuhkan untuk aktifitas setiap hari. Jadi dalam melakukan pekerjaan maupun belajar, akan mampu berkonsentrasi dengan baik dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah merasa lelah.
4. Dengan berolahraga dapat membantu mencairkan rasa stress
Melakukan kegiatan olahraga dapat memberikan efek relaksasi yang baik untuk seseorang. Ketika seseorang merasakan bahagia, maka efeknya akan sangat menguntungkan bagi tubuh. Dengan kondisi tubuh yang positif, maka akan meningkatkan kualitas sebuah hubungan di lingkungan, sekitar seperti tidak mudah marah dan yang lain sebagainya.
5. Berolahraga dapat membantu program diet
Manfaat olahraga bagi kesehatan ini merupakan hal yang paling banyak di cari. Saat melakukan kegiatan olahraga, maka otot akan membantu membakar lemak di dalam tubuh. Sehingga dengan berolahraga, lemak di dalam tubuh akan menyusut. Apabila anda sedang melakukan program diet, maka alangkah baiknya melakukan olahraga. Ini karena olahraga akan mensukseskan program diet yang dijalankan. Selain itu juga dapat berdampak positif untuk tubuh, yaitu tubuh tetap tampak bugar walau sedang melakukan diet.
Seperti yang sudah dibahas di atas, dengan melakukan olahraga secara teratur sangat memiliki dampak positif bagi tubuh. Selain berolahraga dapat menjaga kesehatan tubuh, melakukan olahraga secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan rohani atau jiwa seseorang. Semoga informasi di atas tentang manfaat olahraga bagi kesehatan, bisa membantu menginspirasi pola hidup sehat anda setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar

 

MATERI SEKOLAH KELAS X © 2008. Template Design By: SkinCorner